Saturday, October 14, 2017

7 Tips cara melakukan pewarnaan Rambut, atau mengecat rambut sendiri di rumah dengan benar dan aman ( safety )



7 Tips cara melakukan pewarnaan Rambut, atau mengecat rambut sendiri di rumah dengan benar dan aman ( safety )

Bagaimana dan kapan pengecatan atau pewarnaan rambut harus dilakukan ?


Saat ini menjadi trend untuk melakukan pewarnaan rambut sendiri di rumah  , bisa dibilang banyak yang melakukan perawatan rutin sendiri dirumah untuk mewarnai rambut karena di pasaran banyak tersedia produk warna yang berkualitas tinggi , demikian juga perawatan wajah juga banyak orang sering melakukan sendiri di rumah.

Sudah barang tentu ini bisa menghemat uang anda, tetapi banyak juga kesalahan yang dilakukan saat melakukan sendiri dirumah, sehingga dapat berakibat buruk bagi anda.

Berikut ini , merupakan tip- tip berdasarkan data yang telah dikembangkan oleh banyak pemilik salon terkenal , untuk mengatasi kesalahan saat melakukan pengecatan rambut sendiri di rumah :

1. Benar-benar cek  kotaknya kemasan produk dan petunjuk pemakaiannya .

Langkah pertama yang harus dipilih adalah cek kotak pembungkus untuk mengetahui komposisi yang tepat sebagai pewarna rambut. Cobalah pilih salah satu produk  yang memiliki paling sedikit bahan-bahan berbahaya seperti amonia, peroksida, dan alkohol untuk menghindari kekeringan yang berlebihan dan kerusakan.
Untuk jenis cat yang semi permanen dapat memberikan warna tetapi tidak tahan lama dan mudah pudar daripada pewarna permanen.
Hal penting yang perlu diperhatikan, jangan memilih karena pada box terpampang model cantik , tetapi cek kandungan isinya , kesalahan dalam milih bisa jadi , malah memberikan efek yang buruk bagi anda.

  • Warna yang  digambarkan sebagai Ash , akan memiliki warna yang lebih hijau dan baik untuk orang yang  tidak menyukai warna Keemasan.  
  • Warna Emas digambarkan sebagai  warna yang condong  lebih kuning dan warna ini dipilih orang untuk menyembunyikan uban.  
  • Kode warna Violet menggambarkan di dalamnya memiliki warna ungu.  
  • Untuk kode warna Netral diartikan memberikan beberapa hasil warna  berbeda, tapi biasanya menyiratkan dasar biru yang teduh.

Untuk kode nomor angka pada box kemasan , adalah sebagai pemberitahu anda tentang  gelap terangnya warna pewarna rambut . Skala dari kode angka 1 (hitam) sampai 12 (platinum blonde), jadi semakin rendah angkanya , semakin kearah gelap warnanya . Jadi jika Anda perhatikan pilih model dengan pirang ringan , maka Pada skala satu sampai dua belas, jika anda pilih nomor 4 , maka warna itu cukup gelap! Gunakan panduan pada di sisi kotak , Lebih baik anda paham terlebih dahulu tentang kode warna pada kotak , dari pada anda mempercayai warna gambar yang di tampilkan pada kotak. Hal Ini jauh lebih bisa diandalkan daripada ilustrasi di bagian depan kotak kemasan .

2. Rambut terlihat kotor adalah yang terbaik.

Rambut yang terlihat kotor adalah lebih baik dari pada setelah dilakukan pencucian baru dilakukan pengecatan , karena rambut yang terlihat kotor karena adanya minyak rambut alami dari rambut  yang lebih memudahkan saat proses pengecatan. Ini menjadi satu alasan mengapa rambut anda terlihat lebih lebat saat semua proses pewarnaan dilakukan di rumah di rumah . Karena banyak  tidak tahu dan tidak suka ketika pergi ke salon dengan rambut terlihat kotor ,  meski dianjurkan.

3. Selalu ikuti petunjuk yang aman

Sebelum anda memulai pengecatan , perhatikan benar-benar instruksinya pada box instruksi sehingga pengecatan dapat berjalan dengan aman. Dan hal yang penting yang harus dilakukan tidak terlewatkan.
Apa lagi bila anda menggunakan merek baru, komposisi kandungan tertentu dapan memberikan efek bapa kulit. lakukan test awal dengan pemberian sedikit pada kulit dan rasakan efeknya, ini untuk memastikan tidak akan terjadi hal yang buruk bagi anda.
Anda juga harus selalu memakai sarung tangan untuk melindungi kuku dan kulit Anda. Biasanya sarung tangan ini tersedia satu saja dalam box, Sehingga Anda menyiapkan satu pasangan lagi untuk kedua tangan anda saat melakukan pengecatan rambut . Hal terpenting lakukan pengecatan rambut di tempat atau ruang yang memiliki ventilasi udara dan cahaya yang cukup. Ini akan memberikan hasil yang bagus maksimal.

4. Vaseline dan minyak zaitun ( minyak alami ) adalah teman terbaik Anda.

Gunakan Vaseline  pada tangan anda secara merata  ( atau benar-benar tebal ,atau  pelembab berbasis minyak bumi ) terutama dila anda melakukan cat dengan warna yang gelap. Oleskan  di sepanjang pelipis, garis rambut, leher Anda , dan telinga, hal ini  akan melindingi kulit dari noda terkena cat  selama pengecatan rambut .
Ini adalah solusi terbaik dari pada anda membutuhkan waktu lama untuk pembersihan kulit karena terkena cat warna . Tapi jika memang ada sedikit terkenan , Anda bisa menghapusnya dengan merendam bola kapas dengan minyak zaitun dan Menggosok di daerah yang terkena cat , dan pastikan noda cat itu  Benar-benar bersih .

5. Melakukan pewarnaan sendiri dengan takaran yang dianjurkan.

Sedikit pengetahuan untuk anda : Petunjuk pada box untuk bisa membuat warna rambut berubah yaitu dengan volume 20 ml,
20 volume akan merubah warna rambut Anda sampai dua warna bayangan  ( ini tergantung dan dipengaruhi pada dasar warna alami rambut Anda ), tapi warna tidak bergeser jauh . jika anda berkeinginan  mengunakan volume yang lebih besar untuk perubahan warna yang besar , dan memerlukan banyak proses , sebaiknya jangan dilakukan sendiri dirumah.
Itulah mengapa , disampaikan pada box, untuk  penggunaan lebih dari dua warna bayangan baik untuk lebih terang atau gelap adealah merupakan IDE YANG BURUK.

Jika Anda benar-benar harus mengubah seluruh warna rambut Anda dengan kombinasi warna yang banyak , maka sebaiknya dilakukan orang profesional di salon.

6. Waspadalah terhadap mewarnai rambut yang sudah berwarna.

Jika rambut Anda sudah memiliki satu (atau lebih) warna, akan menjadi peringatan bagi anda jika akan melakukan pewarnaan lagi. Ini memerlukan proses yang rumit untuk menghasilkan warna yang cocok bagus .Sebaiknya harus dilakukan oleh tenaga profesional .
Proses   rumit ini  juga memiliki resiko,  karena secara otomatis campuran bahan kimia akan bertambah banyak di rambut anda sehingga  akar rambut menjadi panas , efec rambut rontok akan lebih besar.
Pada Akhirnya anda harus berfikir dua kali untuk melakukan pengecatan rambut yang terlalu over dosis.

7. Pentingnya perawatan dan menjaga warna rambut setelah pengecatan rambut


Selamat,  Anda sudah berhasil mewarnai rambut Anda sesuai  dengan warna yang Anda inginkan sendiri di rumah. Tetapi jangan berhenti sampai di situ , jika hasil jerih payah anda menjadi rusak dan ternoda. Anda masih perlu menjaga dan memperhatikannya.
Jika anda menginginkan warna rambut anda tetap awet, Hal yang perlu diperhatikan pastikan tidak terlalu sering mencuci rambut anda ( shampoo kering akan menjaga keawetan warna rambut ),
Gunakan produk pelindung warna  rambut yang aman, sebisa mungkin hindari rambut anda dari sengatan Matahari secara langsung, gunakan topi sebagai pelindung, semprotkan dengan pelindung matahari. Batasi  pengunaan produk yang dipakai dengan proses memanasi rambut.

Sekarang anda dapat berbangga, bisa melakukan pengecatan sendiri dengan aman dan penuh percaya diri.


No comments:

Post a Comment